Selasa, 31 Januari 2012

LANGKAH-LANGKAH PERAKITAN PC


PERAKITAN PC :

Sebelum merakit sebuah PC peralatan yang di butuhkan sudah tersedia, Peralalatan yang di butuh kan adalah sebagai berikut : Obeng, tang, AVO meter ( bila ada ),solder,timah solder, isolasi, tali pengikat kabel dan bukti cacatan.  Sebaiknya tidak  menggunakan AVO meter pada mother board apa bila mother board masih baik,karena anda tidak tahu titik titik mana yang merupakan titik ukur.
Ambil motherboard dan letakan di tempat yang aman. Persiapkan peralatan dan buku manual dari masing komponen PC. Baut motherboard dangan papan casing, sehingga akan lebih kuat dan aman.






Pasanglah processor padatempatnnya sesuai dangan tanda yang ada pada soket tersebut ( tidak boleh terbalik ). Perhatikan kode titik atau sisi processor dangan bentuk miring merupakan petunjuk agar bagian processor itu dipasang pada bagian slot yang memiliki tanda sama

Pasanglah memori RAM pada tempatnya dangan baik, perhatikan sudut memori yang bisannya berlekuk harus ditempatkan pada tempatnnya secara hati hati. Pada jenis SDRAM, dudukan memori di motherboard memiliki pengunci yang akan bergerak mengunci bersamaan dangan masukannya memori ke dalamnya.



Masukan motherboard ke dalam cashing ( kotak computer ), kaitkanlah pengait plastic yang disediakan oleh pabrik cashing, ke dalam lubang yang terdapat pada motherboard.


Pasanglah kabel khusus catu daya motherboard yang ada pada prower suplay ( biasanya dituliskan P8 dan P9 ), kabel berwarna hitam dari kedua kenektornya harus dipasang berdampingan. Apabila anda mempergunakan jenis motherboard jenis ATX, pasanglah kabel power khusus tersebut pada slot power khusus ATX yang terdapat pada motherboard tersebut.



Pasanglah hardisk, floppy drive pada tempat yang telah tersedia dalam cashing tersebut, kencangkan dudukkannya dangan baut secara hati hati .






7.sambungkan kabel dari power suply ke slot power yang terdapat di hard disk, flopy drive dan CD ROM drive.perhatikan sudut konektor plastic nya pada kabel tersebut  biasanya sudah dirancang pas sesuai dengan dudukkan yang terdapat pada hard disk,flopy drive atau CD ROM drive.




8. sambungkan kabel pita (kabel data) pada dudukan hard disk, flopy drive dan CD ROM drive. Kabel ini berfungsi untuk menghubungkan peralatan tersebut ke motherboard. Perhatikan sisi kabel berwana merah harus di temapatkan pada kaki nomor satu (liat keterangan yang dituliskan pada hard disk atau flopy drive ataupun CD ROM drive).




9.sambungkan kabel dari flopy drive ke slot untuk flopy drive,demikian pula sembungkan kabel dari hard disk ke slot IDE nomor 1,dan kabel dari CD ROM ke slot IDE nomor 2.perhatikan juga agar sisi kabel berwarna merah menempati kaki nomor 1 pada tiap slot.




10.pasanglah VGA card pada slotnya,bila anda memiliki card dari jenis ISA,anda harus menempatkan card tersebut pada ISA slot bus di motherboard.bila anda memiliki card VGA jenis PCI.anda harus pasangkan card tersebut pada slot bus PCI di motherboard.





11.Pasang expansicn card tambahan pada PCI maupun ISA. Expansicn card dapat berupa LAN card sound card, TV tunner card, video capture dan lain-lain. Setelah itu kencangkan dengan baut denag dudukan cading PC.


12.Hubungan konektor kabel penghubung tombol ''Reset'' yang terdapat pada motherboath. Hubungkan pula konektor kabel penghubung speaker ke pin bertuliskan speaker yang ada pada motherboard. Sering ditulis dengan kode LS. Beberapa cashing telah dilengkapi pula kabel lampu indikator berikut kabel penghubungnya lengkap dengan konektornya agar perakit komputer tinggal menghubungkan saja ke motherboath.


13.Pasanglah kabel data dari monitor ke slot yang terdapat di card VGA, perhatikan konektornya memiliki 3 deteran kaki yang tersusun rapi, dengan konektor berbentuk trapesium.


14.Pasanglah konektor keyboard ke slot keyboard yang terdapat di motherboath dan perangkat yang lain.

15.Pasanglah kabel listrik (power) dari layar monitor ke slot power yang terdapat di bagian belakang power suply yang telah terpasang pada cashing CPU. Bila konektornya tidak cocok, anda dapat memasang kabel listrik tersebut ke jala-jala listrik rumah anda. Anda akan membutuhkan T konektor untuk membagi listrik ke monitor dan CPU yang anda rakit. Pasangkan kabel listrik untuk CPU ke slot yang terdapat pada power suply dibagian belakang cashing CPU.


Sekarang anda telah berhasil merakit sebuah personal komputer, tapi anda belum bisa mempergunakan komputer tersebut. Anda masih harus mengatur program BIOS , dan mememasang (menginstal) program sistem oprasi dan program aplikasi kedalam hard disknya.
Sebelum anda mengatur program BIOS, anda cek kembali semua langkah yang telah anda lakukan tadi. Perhatikan posisi ''jumper'' jangan ada yang salah, demikian prosesor dan RAM serta kabel-kabel penghubung had disk, flopy drive dan CD ROM drive. Setelah anda yakin benar dan sudah sesuai dengan keterangan yang tercantum dalam manual pabrik dari setiap peralatan tadi. Anda dapat melakukan program BIOS.




0 komentar:

Poskan Komentar